Prajurit Koopskasel Koarmada RI Hadiri Kegiatan Specialist Talk Antara TNI AL dan German Navy

Spread the love

Surabaya, Prajurit Komando Operasi Kapal Selam (Koopskasel) Koarmada RI dipimpin Direktur Operasi (Dirops) Koopskasel Kolonel Laut (P) Ahmad Noer Taufiq menghadiri kegiatan Specialist Talk antara TNI AL dan German Navy dengan tema kapal selam dan peperangan ranjau yang diselenggarakan di Hotel Fairfield Surabaya pada Rabu, (16/11).

Acara diawali dengan opening speech oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal yang diwakili Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Robert Marpaung, dilanjutkan sambutan dari Atase Pertahanan Jerman untuk Indonesia, Colonel Thomas Brillisauer.

Selesai sambutan dari kedua pihak kegiatan dilanjutkan dengan membentuk Working Grup Discussion (WGD) yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas Submarine dan Mine. Adapun yang menjadi Keynote speaker dalam acara tersebut yaitu Commander S.G. (Deu Navy) Thorsten Klinger dan Commander S.G. (Deu Navy) Manfred Grabienski.

Materi yang menjadi pembahasan dalam kegiatan diskusi yaitu pola pembinaan dan pelatihan personil, fasilitas pelatihan dalam rangka menjaga kemampuan tempur personil serta konsep operasi yang dikembangkan untuk kapal selam dan peperangan ranjau.

Kegiatan ini diharapkan memberikan pengetahuan bagi para prajurit TNI Angkatan Laut tentang konsep taktik dan strategi yang dikembangan oleh German Navy khususnya dalam hal kapal selam dan peperangan ranjau.

Program antara TNI AL dengan German Navy ini sejalan dengan Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Selain dihadiri prajurit Koopskasel kegiatan ini juga dihadiri prajurit dari Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II, Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II, Sekolah Kapal Selam (Sekasel) Kodiklatal dan Staf Sopsal sebagai penyelenggara.

(Dispen Koarmada RI)