Sisca Rumondor: Jangan Lelah Mencintai Budaya Kebaya Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Spread the love

Jakarta, Badan Penanggulangan Nasional Terorisme (BNPT) bersama sama organisasi/ komunitas perempuan dan komunitas budaya mengggelar Parade Budaya Nusantara. mengenakan kebaya dengan melakukan long march di jalur hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) dari Sarinah-Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (6/11/2022).

Sementara itu Ketua Umum Bunda Milenial Sisca Rumondor ditemui di tempat yang sama mengatakan Kebaya yang kita usung dan perjuangkan akan masuk ke UNESCO sebagai warisan budaya kita. Parade Budaya Nusantara mengangkat tema “Bersatu Lebih Erat , Bersama Lebih Harmoni”. Acara ini mendapat piagam penghargaan museum rekor dunia Indonesia atas prakarsa Parade Budaya Nusantara oleh komunitas terbanyak. Dihadiri sekitar 115 komunitas yang bergabung dalam kegiatan ini dengan jumlah sekitar 7000 orang yang tumpah di car free day (CFD).

Kita semua mengenakan busana- busana dari berbagai daerah dan juga sekitar 4000-an orang memakai kebaya. Tujuan dari kegiatan ini sejalan dengan BNPT itu sendiri sebagai salah satu pencegahan dari radikalisme dengan menyatakan jati diri bangsa Indonesia melalui budaya, pakaian, musik dan kesenian, jelas Sisca.

Selain itu Kaum perempuan termasuk rentan terpapar (radikalisme), melalui kegiatan ini kami ingatkan inilah jati diri kita dan kemudian diharapkan akan menimbulkan kewaspadaan dini untuk kita semua, pungkas Sisca.

Semoga semangat parade budaya nusantara tidak berhenti di Jakarta di car free day ini tetapi terus diikuti di kegiatan-kegiatan di tempat yang lain. Karena salah satu tujuannya adalah mengajukan hari kebaya nasional (HKN) yang sedang diproses. Kita ingin seperti hari batik ingin juga ada hari kebaya nasional dan yang kedua tujuan yang dari komunitas kebaya adalah mengajukan Indonesia ke UNESCO, Kebaya sebagai warisan tak benda untuk kategori single nomination, beber Sisca.

Kita tidak mau bergabung dengan negara-negara serumpun karena kebaya kita itu lebih tua sudah lebih dari 100 tahun. Jadi ini yang sedang kami perjuangkan dan mohon masyarakat Indonesia keseluruhannya terutama perempuan Indonesia untuk mendukung gerakan yang sangat panjang perjalanannya ini. Jangan lelah dalam mencintai Indonesia di dalam mencintai budaya yang menjadi yang menjadi jati diri sebuah bangsa, pungkas Sisca.

Kami sangat berterima kasih dengan kerjasama yang dilakukan para komunitas perempuan berkebaya dan budaya Nusantara dengan BNPT tetap berlanjut dan memperkuat NKRI. Penguatan ini diyakini menjadi ketahanan kita dalam aspek budaya dan termasuk ketahanan dalam menghadapi berbagai ideologi transnasional yang jauh dari kepribadian bangsa Indonesia, tegasnya.