Peringati Hari Pahlawan Tahun 2022, Lantamal X Jayapura Didukung BI Papua Laksanakan Bhakti Kesehatan Untuk Anak Panti Asuhan Di Sentani

Spread the love

Jayapura,- Memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun 2022, Lantamal X Jayapura dengan didukung Bank Indonesia menggelar kegiatan Bhakti Kesehatan untuk 158 anak yang berasal dari 3 (tiga) Panti Asuhan yaitu Panti Asuhan Karya Anak Perdamaian, Panti Asuhan Holai Roo dan Panti Asuhan Wari Tore di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (04/11/2022).

Kegiatan Bhakti Kesehatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung yang melibatkan Prajurit Lantamal X dan unsur tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal X serta tenaga medis RSAL dr. Soedibjo Sardadi.

Dalam kegiatan Bakti Kesehatan tersebut kegiatan yang dilaksanakan oleh Lantamal X antara lain, foging atau pengasapan sekitar panti-panti tersebut untuk mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah dan sakit malaria yang banyak dialami anak-anak panti asuhan, melaksanakan pengobatan umum, pengobatan gigi, memberikan pelajaran cara menyikat gigi yang benar untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut, serta memberikan bingkisan tali asih sembako dan peralatan mandi antara lain sikat gigi dan pasta gigi kepada setiap anak yang ada di panti asuhan tersebut.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar dari anak-anak panti yang sedang sakit segera diketahui penyakit apa yang dideritanya untuk dilaksanakan kondisi kesehatan anak-anak di panti asuhan yang tidak ada masalah dapat terjaga kesehatannya.

“Selain itu, dengan melalui kegiatan bakti kesehatan TNI AL diharapkan keberadaan Lantamal X ditengah-tengah masyarakat betul-betul bermanfaat. Selanjutnya terhadap anak-anak Panti Asuhan Karya Anak Perdamaian, Panti Asuhan Holai Roo dan Wari Tore yang akan menjadi generasi penerus bangsa, mereka akan melihat dan merasakan bahwa Tentara Nasional Indonesia ini bukan sosok yang menakutkan tetapi merupakan sahabat masyarakat yang dekat dengan anak-anak,” ujar Danlantamal X.

Kegiatan Bhakti Kesehatan yang diselenggarakan oleh Lantamal X tersebut sangat diapresiasi oleh Pemerintah Daerah setempat dan masyarakat Sentani. Diharapkan kedepan kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung anak-anak Papua khususnya panti-panti asuhan dapat dilaksanakan secara rutin mengingat akses mereka terhadap pelayanan kesehatan cukup terbatas.

Kegiatan ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang betmanfaat bagi institusi, mastarakat, bangsa dan negara”.

(Dispen Lantamal X)