LANAL BANTEN GERAK CEPAT MEMBANTU PENANGGULANGAN KEBAKARAN MV ABU SAMAH KAPAL PENGANGKUT PUPUK

Spread the love

TNI Angkatan Laut membantu proses penanggulangan kebakaran yang terjadi pada MV Abu Samah yang mengalami kebakaran di Dermaga 3b PT. Krakatau International Port/PT. Krakatau Bandar Samudera Kelurahan Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. (Minggu, 30/10/2022)

Diduga kebakaran tersebut bersumber dari Generator Diesel Kapal pada saat proses Loading Pupuk dari Gudang PT. KBS. Tindakan awal yang diambil pada saat pemadaman tidak berhasil dan diputuskan kapal ditarik ke sekitar perairan Pulau Ular dengan menggunakan 4 Unit Tug Boat untuk mengantisipasi terjadinya dampak yang lebih luas yaitu ledakan.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, memerintahkan unsur Patkamla Lanal Banten yakni Patkamla Panaitan dan berkoordinasi unsur KRI BKO Guspurla Koarmada I yaitu KRI Kujang – 642 dan KRI Cucut – 866 yang sedang melaksanakan operasi di Perairan Banten untuk membantu pengawasan, pengamanan serta membantu proses pemadaman terhadap MV Abu Samah.

Adapun unsur laut yang terlibat adalah Basarnas Banten, KSOP Kelas I Banten. KSKP, dan Damkar Cilegon.

Sejumlah 27 Abk berhasil di evakuasi dengan aman selamat ke PT. KBS dan langsung di lakukan pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan BP Lanal Banten.

(Dispen Koarmada I)