Antisipasi Cuaca Buruk, Lanal Sabang Gelar Latihan SAR dan Penanggulangan Bencana

Spread the love

Sabang,- Sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi musim hujan dan cuaca buruk, Pangkalan TNI AL (Lanal) Sabang menggelar Latihan SAR (Search and Rescue) dan Penanggulangan Bencana, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan Latihan SAR dan Penanggulangan Bencana dipimpin oleh Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M., ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan peserta latihan.

Komandan Lanal Sabang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) atas kehadirannya dalam rangka melaksanakan kegiatan Latihan SAR dan Penanggulangan Bencana Tahun 2022.

Lebih lanjut disampaikan bahwa rencana latihan ini sudah disiapkan sejak awal September 2022, namun kita masih menunggu direktif dari pimpinan atas, karena menyikapi cuaca baik di daerah Sabang sendiri, Aceh daratan dan di Indonesia, khususnya dalam menghadapi musim hujan yang dapat mengakibatkan bencana alam dan banjir.

“Harapannya dengan pelaksanaan latihan ini kita punya ilmu yang bisa diaplikasikan di lapangan saat terjadi bencana, ini bukan latihan sekedar latihan, namun harapan saya semuanya bisa berperan supaya bisa mengambil manfaat baik dari TNI sendiri terutama Angkatan Laut, dan semua dikedinasan yang lainnya. Untuk itu, melalui latihan ini mari kita bisa saling sharing ilmu yang berkaitan dengan Latihan SAR dan Penanggulangan Bencana,” ujar Kolonel Ali Setiandy.

Hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M., Karumkital J.Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu, Paspotmar Lanal Sabang Kapten Laut (K) dr. Eko Tjandra Aprilianto, Pasintel Lanal Sabang Kapten Laut (E) Punto Pandowo, Pasprogar Lanal Sabang Kapten Laut (S) Mahdani, S.H., Danposal Satrad Sukakarya Lanal Sabang Kapten Laut (P) Wahidi MD, A.Md., Perwira Staf, Personel Lanal Sabang, Fasharkan, Lanudal, Perwakilan BMKG Sabang, Perwakilan Dishub, Perwakilan BPPAL, Perwakilan Pos SAR Sabang, dan Perwakilan BPDP Sabang.

(Pen Lanal Sabang)