Mirah Sumirat Berharap SEKAR JICT Berkomitmen Melaksanakan Sosial Dialog Dalam Menyelesaikan Permasalahan Industrial

Spread the love

Jakarta, Serikat Karyawan Jakarta Internasional Container Terminal (SEKAR JICT) menggelar perhelatan akbar 3 (tiga) tahunan Musyawarah Tinggi Anggota (MTA) yang merupakan agenda penting bagi perjuangan kepengurusan SEKAR JICT dimasa yang akan datang dalam mempersiapkan dan menghadapi tantangan integrasi dan transformasi bisnis jasa pelabuhan ke depan di Hotel Ibis Style Sunter Jakarta, Kamis ( 20/10/22).

Disamping tuntutan kesejahteraan yang harus ditingkatkan juga hubungan industrial sosial dialog dengan managemen tetap harus dipertahankan.
Dalam acara Musyawarah Tinggi Anggota II ini kepengurusan SEKAR JICT periode 2019-2022 ada 3 agenda penting yang di jalankan yaitu penyampaian laporan pertanggung jawaban atas kinerja pengurus secara transparan dan terbuka, penetapan perubahan rancangan AD /ART, dan pemilihan Ketua Umum dan Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi baru untuk kepengurusan Periode 2022-2025 .

Mirah Sumirat selaku Presiden ASPEK Indonesia membuka acara sakral ini dengan memukul gong pada acara tersebut. Selain ibu Mirah Sumirat, acara ini juga dihadiri oleh Bapak Solihin, SH, MH selaku Ketua Federasi DPC Kimia Energy & Pertambangan, DPO & DKS SEKAR JICT, Pengurus Harian SEKAR JICT, Anggota SEKAR JICT, dan Jajaran Direksi PT. JICT.

Dalam agenda MTA-II SEKAR JICT diperkenalkan Mars SEKAR JICT dan Logo baru SEKAR JICT kepada para peserta yang hadir dan tamu undangannya.

Selamat untuk SEKAR JICT yang telah menyelenggarakan Musyawarah Tinggi Anggota dengan baik dan tetap berkomitmen untuk melaksanakan sosial dialog dalam menyelesaikan permasalahan industrialnya tanpa aksi demo. Kata demo, atau unjuk rasa itu hanya dipakai untuk yang paling akhir alias senjata pamungkas di akhir. Kalau senjata terakhir kita itu digunakan secara terus menerus pada akhirnya akan menjadi tumpul. Jadi biarkan ASPEK Indonesia yang demo ke istana ga usah JICT demo,  candanya sambil tertawa ungkap Murah Sumirah dalam kata sambutannya.

Jadi keberadaan Serikat dalam suatu perusahaan itu sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan dan untuk kesejahteraan karyawannya. Sekali lagi buka ruang-ruang dialog secara intens dan komprehensif, secara terbuka dan transparan, papar Mirah Sumirat.

Setiap permasalahan hubungan industrial itu harus bisa diselesaikan dimeja perundingan baik dilakukan secara formal maupun nonformal. Itu bisa diselamatkan kok syaratnya buka ruang komunikasi dan transparansi baik pihak manajemen maupun pihak serikat imbuhnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Cabang Jakarta Timur Federasi Kimia Energi dan Pertambangan (KEP) Jakarta Timur Solihin,SH,MH yang sekaligus juga pemilik TS Lawfirm dan Tim Hukum Gugatan UU Cipta Kerja Nasional mengatakan SEKAR JICT ini usianya baru 6 tahun seperti bayi baru lahir. Tapi bayi ini adalah bayi ajaib. Perlu diketahui bahwa nama nya sudah kemana – mana. Di kementerian namanya ada, di tingkat Disnaker, bahkan di Forum-forum Buruh kawasan yang terkenal namanya Pak Suwandi sudah melekat di hati para kawan-kawan serikat se Jakarta.

Buruh itu identik dengan perjuangan, dasarnya buruh itu perjuangan dengan niat keikhlasan dan ibadah. Ketika teman-teman memperjuangkan kesejahteraan anggota banyak yang akan mendoakan. Saya dulu sering demo aksi menutup tol, tapi sekarang saya sudah merubah pola itu. Bukan pola seperti itu lagi yang kita butuhkan saat ini. Sering – seringlah berdiskusi , sering – seringlah memberikan inovasi. Para pengurus SEKAR JICT itu sejajar dengan para Direksi ketika sedang berunding, tapi jika sudah diluar meja perunding maka anda tetaplah atasan dengan bawahan”, ujar Solihin.

Terima kasih kepada Mba Dien dan tim yang berjibaku mempersiapkan acara musker dan MTA-II SEKAR JICT hari ini sehingga terlaksana dengan baik. Dan juga dilibatkan generasi muda yang merupakan darah segar dalam SEKAR JICT. SEKAR JICT hari ini genap usianya 6 tahun, namun dalam usianya yang masih terbilang muda saya melakukan akselerasi sehingga SEKAR JICT mampu mempunyai jaringan Nasional ataupun Internasional serta bergabung dengan ASPEK Indonesia. SEKAR JICT lahir di kondisi konflik PT. JICT tahun 2016. Kepengurusan pertama prosesnya bukan lewat musyawarah tetapi penunjukan. Saya termasuk deklarator berdirinya SEKAR JICT bertepatan tanggal 10 Maret, beber Suwandi Ketum Sekar JITC 2019-2022.

Suwandi menjelaskan, Bapak dan Ibu Direksi, bukan berarti kita memiliki jaringan nasional dan internasional itu untuk menekan manajemen akan tetapi kita punya jaringan nasional dalam rangka untuk mensosialisasikan hal-hal yang baik yang ada di JICT untuk dapat menjadi Best Practice Hubungan Industrial. Kita ingin menjadi role model serikat yang baik yang mampu membangun hubungan harmonis dan dapat bersinergi untuk menghadapi tantangan ke depan”, Ucap Suwandi.

Kami Managemen PT. JICT mendukung acara musyawarah tinggi anggota SEKAR JICT juga pemilihan Ketua Umum SEKAR JICT periode 2022-2025. Kami mendoakan agar rangkaian acara berjalan dengan baik khususnya pada pemilihan ketua umum SEKAR JICT. Kami Managemen JICT berharap kepada SEKAR JICT sebagai mitra untuk tetap menjalankan fungsinya sesuai PKB JICT 2022-2024 dan menciptakan suasana hubungan industrial yang harmonis serta mendukung perusahaan dalam menghadapi tantangan ke depan sehingga dapat menjadi terminal pelabuhan terbaik di Indonesia. Selamat menjalankan acara musyawarah tinggi anggota SEKAR JICT semoga acaranya berjalan dengan lancar”, sambut Ibu Rati Farini selaku perwakilan Jajaran Direksi PT. JICT.