KOARMADA I GELAR KEGIATAN BAKTI KESEHATAN, BAKTI SOSIAL, SOSIALISASI HUKUM DAN PENDIDIKAN DI WILAYAH PERBATASAN NATUNA

Spread the love

Natuna – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada I menggelar kegiatan di wilayah perbatasan Natuna yang terdiri dari Bakti Kesehatan, Bakti Sosial, sosialisasi tentang Hukum Laut Internasional dan batas – batas wilayah perairan Natuna, serta sosialisasi meningkatkan kecerdasan baik kepada masyarakat, nelayan, pelajar, dan Pramuka Saka Bahari.

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, meninjau kegiatan tersebut di Dermaga Pering Kelurahan Bandarsyah Kec. Bunguran Timur Kab. Natuna. Sabtu (08/10/2022)

Kegiatan ini dimulai pada hari Rabu tanggal 05 Oktober 2022 s.d. hari Sabtu tanggal 08 Oktober 2022, tujuan dari bakti sosial dan bakti kesehatan ini adalah melaksanakan perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut untuk membantu masyarakat melalui kerja nyata yang memberikan manfaat secara langsung.

Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah perbatasan Natuna dimana masyarakatnya didominasi nelayan yang hidupnya bergantung dari laut yang memerlukan perhatian pada bidang kesehatan, pendidikan dan juga perlu memberikan pemahaman tentang pengetahuan hukum laut dan batas wilayah laut dan pentingnya keselamatan pelayaran.

Kegiatan yang dilaksanakan secara masif diantaranya adalah Bakti Sosial kesehatan yang dilaksanakan yaitu khitan massal dengan sasaran 100 anak, pemeriksaan dan pengobatan gigi (tambal sementara dan cabut gigi) sebanyak 72 orang yang dipusatkan di kampung nelayan desa Pering Kec. Bunguran Timur Kab. Natuna.

Kemudian TNI Angkatan Laut melalui Koarmada I juga menggelar sosialisasi kepada mahasiswa dan unsur maritim tentang Hukum Laut Internasional dan Batas-Batas Wilayah Perairan Natuna dilaksanakan di Gedung Wanita yang diikuti oleh Polair, Bakamla, Imigrasi, KSOP, PSDKP, Basarnas, Kesbangpol, BKIPM dan Mahasiswa STAI dengan jumlah total peserta sejumlah 100 orang.

Selain itu, Koarmada I juga menggelar sosialisasi kepada para nelayan mengenai batas batas laut di Natuna, sosialisasi standar keselamatan pelayaran, dan sosialisasi prosedur pelaporan masyarakat berkaitan dengan kejadian di laut yang dilaksanakan di Kampung nelayan Desa Pering dengan total jumlah nelayan sebanyak 100 orang dari Desa Tanjung, Desa Kelanga, Desa Limau Manis, Desa Pengadah, Penagi, Pering, dan Nelayan Sungai Ulu.

Kegiatan kemudian dilanjutkan bakti sosial dengan pembagian bahan kontak berupa sembako dan Swimvest oleh Pangkoarmada l kepada perwakilan nelayan.

Kegiatan sosialisasi meningkatkan kecerdasan dengan optimalisasi potensi otak kanan dan otak kiri juga diselenggarakan di Kabupaten Natuna, dimana materi diberikan oleh Aspotmar Pangkoarmada I, Kolonel Laut (P) Filda Malari yang dilaksanakan di Mess Tjiptadi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai dengan peserta dari Guru – Guru SD, SMP dan SMA di wilayah Ranai dan sekitarnya.

Kegiatan juga diikuti oleh Prajurit Lanal Ranai dan Jalasenastri Lanal Ranai dengan jumlah peserta 100 orang. Selain itu kegiatan sosialisasi peningkatan kecerdasan juga dilaksanakan kepada siswa SD 02 Ranai dan SMAN 2 Bungaran Timur yang diikuti peserta dengan jumlah total 582 orang.

Dispen Koarmada l