Danlantamal I Narasumber Acara Dialog Tanggapan Publik TVRI Medan Dalam Rangka HUT TNI Ke-77 Tahun 2022

Spread the love

Belawan,- Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menjadi narasumber pada acara Dialog Tanggaan Publik dalam rangka HUT Ke-77 TNI Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh TVRI Medan Sumatera Utara, bertempat di Studio 2 TVRI, Jalan Putri Hijau, Medan, Sumatera Utara, Kamis (06/10/2022).

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini selain Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Pangdam I/BB Mayjend TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., dan Dankosek I Medan Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin. Adapun Tema dialog tanggapan publik yaitu “ Wujud Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat ”.

Dalam kegiatan dialog tanggapan publik tersebut, Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa Lantamal I mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, menyelenggarakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Lantamal I, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut di wilayah kerjanya. Pembinaan teritorial selama ini yang dilakukan Lantamal I dengan adanya Babinpotmar yang tersebar di jajaran Lantamal I melaksanakan pembinaan daerah pesisir, budidaya tambak (ikan, kepiting dan udang), melaksanakan edukasi terkait (pelayaran, kesehatan, belanegara, narkotika dan kenakalan remaja) dll.

Bentuk kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan masyarakat dengan adanya Program KBN (Kampung Bahari Nusantara) yang mempunyai beberapa program atau klaster yang bersinggungan langsung dengan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir (klaster edukasi, klaster kesehatan, klaster ekonomi, klaster pariwisata dan klaster pertahanan).

Bertepatan dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia Tahun 2022 pada tanggal 26 Juli 2022 yang lalu bertempat di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, dalam hal ini Lantamal I melaksanakan kegiatan penanaman mangrove dengan motto “Kita Tumbuhkan Mangrove di 77 Lokasi Jajaran TNI Angkatan Laut Diseluruh Indonesia”.

“Banyak kegiatan yang sudah dilakukan TNI Angkatan Laut dengan masyarakat untuk lebih meningkatkan TNI dengan rakyat dalam rangka HUT TNI Ke-77 Tahun 2022 diantaranya bhakti sosial, program bersih laut, donor darah, sunatan massal, pembersihan plak dan karang gigi, fun run 7,7 km, bantuan sembako kepada warga yang kurang mampu, penanaman sorgum, dan lainnya,” pungkas Danlantamal I.

Selain itu, kegiatan tersebut sesuai dengan salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono yakni mengenai kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Turut hadir dalam giat dialog tanggapan publik tersebut diantaranya Aster Kodam I/BB, Kapendam I/BB, Pjs. Kadispen Lantamal I, Pjs. Kapentak Kosek I.

(Dispen Lantamal I)