Danlantamal I Hadiri Acara Akselerasi Pelayanan KB dan Penanganan Stunting TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022

Spread the love

Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo yang diwakilkan Pjs. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra, M.Tr. Opsla., CIQnR., memberikan sambutan dan pengarahan serta semangat kepada ibu-ibu dalam acara Akselerasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Penanganan Stunting TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan TNI AL dan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2022, bertempat di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Komang Makes, Jalan Bengkalis No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (27/09/2022).

Pada kesempatan tersebut, Pjs. Wadan Lantamal I menyampaikan kegiatan Akselerasi Pelayanan KB dan Penanganan Stunting TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 ini merupakan kegiatan TNI khususnya TNI Angkatan Laut untuk mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah dan mengurangi angka kejadian Stunting atau kurang gizi pada bayi, balita dan anak-anak. Stunting sangat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan dan kualitas pendidikan karena dampak dari pada stunting tersebut dapat menurunkan kemampuan intelektual dibawah standard. Hal ini akan menjadi masalah besar ketika Indonesia sedang menikmati manisnya bonus demografi, namun disisi lain prevalensi Stuntingnya masih tinggi.

Penanganan permasalahan Stunting harus dilakukan secara paripurna, komprehensif, terpadu dan multisektoral kerjasama seluruh pihak akan menjadi kunci keberhasilan penanganan Stunting. TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal I siap mendukung BKKBN agar dapat mencapai target penurunan angka Stunting.

Diakhir sambutannya, Pjs. Wadan Lantamal I selain mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah dan mengurangi Stunting, kegiatan ini juga bertujuan untuk memboomingkan kembali progam KB Nasional. Melalui kegiatan ini pula diharapkan semua personil Lantamal I dan elemen masyarakat lainnya dapat berperan aktif dan lebih optimal dalam mendukung program percepatan penurunan Stunting. Menggerakkan dan melayani dengan baik calon Akseptor KB di faskes-faskes TNI Angkatan Laut.

Hal tersebut selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang salah satunya “Jaga kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Hadir dalam kegiatan ini, Pjs. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Gemma Eka Putra. M.Tr. Opsla., CIQnR., Pejabat Utama Lantamal I , Ketua dan Pengurus serta anggota Korcab I DJA I, Kasatker Lantamal I, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Kepala Dinas BKKBN dan Camat Medan Belawan serta Kepala Puskesmas Belawan.

(Dispen Lantamal I)