DANLANTAMAL III JAKARTA SERAHKAN TALI ASIH PERSONEL TNI AL PURNA TUGAS DI LANTAMAL III

Spread the love

Dispen Lantamal3,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq S.A.P., M.Tr. Opsla., CHRMP. memimpin acara penyerahan tali asih kepada Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang purna tugas terhitung mulai Oktober 2021 hingga Maret 2022 secara virtual di Gedung serba guna Mako Lantamal III Jakarta, Gunung Sahari 02 Ancol Jakarta Utara, Kamis (24/03/2022).

Kegiatan penyerahan tali asih kepada personel TNI AL yang purna tugas ini terpusat di Mabesal dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan diikuti seluruh jajaran TNI AL secara virtual. Sedangkan Lantamal III Jakarta dan Jajarannya melaksanakan secara virtual diikuti 53 orang terdiri dari Mako Lantamal III 33 orang, Lanal Bandung 5 orang, Lanal Cirebon 4 orang, Lanal Banten 4 orang, Lanal Lampung 3 orang, Lanal Palembang 3 orang dan Babel 1 orang.

Kasal dalam sambutannya mengatakan,” Pelepasan dan pemberian tali asih merupakan wujud penghormatan, penghargaan dan ungkapan terima kasih organisasi atas pengabdian, dedikasi dan jasa-jasa yang telah dipersembahkan kepada TNI Angkatan Laut selama menjalani pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Laut. Kebijakan untuk melaksanakan kegiatan pelepasan dan pemberian tali asih kepada prajurit dan PNS yang sudah purna tugas secara langsung dilandasi oleh kesadaran bahwa kejayaan TNI AL hari ini merupakan buah pengabdian panjang seluruh prajurit dan PNS di Angkatan Laut dari waktu ke waktu sejak TNI AL berdiri hingga saat ini,” pungkas Yudo.

Sementara itu Komandan Lantamal III Jakarta menambahkan,” Acara penyerahan tali asih kepada purnawirawan / wredatama merupakan kesempatan berharga untuk menghayati, mendalami dan mempedomani nilai-nilai luhur kejuangan para pendahulu TNI Angkatan Laut yang telah lebih dulu berjuang dan mengabdi kepada nusa dan bangsa,” ungkap Farouq.

“ Secara simbolik kegiatan ini mengungkapkan adanya kesinambungan ikatan batiniah antara para purnawirawan TNI AL sebagai generasi pelaku sejarah yang telah mempersembahkan karya nyata bagi kemajuan TNI AL dengan penerusnya dalam membangun sejarah masa depan TNI AL yang lebih baik. Diharapkan para purnawirawan maupun wredatama akan tetap terus memberikan dukungan moril dan sumbangan pemikiran kepada yang masih berdinas aktif,” imbuhnya.

Usai pelaksanaan kegiatan pemberian tali asih, sebagai ungkapan terima kasih dan penghormatan terakhir Lantamal III, ke 33 personel tersebut mengikuti tradisi pelepasan Purna Bhakti dengan jajar kehormatan yang diikuti seluruh prajurit Lantamal III.