Direktorat Doktrin Kodiklatau Sosialisasikan Doktrin Swa Bhuwana Paksa di Lanud M. Bun Yamin Lampung

Spread the love

(Pen Kodiklatau). Direktorat Doktrin (Ditdok) Kodiklatau bertugas melaksanakan pembinaan doktrin, mulai dari doktrin tertinggi Swa Buana Paksa sampai turunannya yang akan menjadi pedoman bagi pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. Dalam upaya tersebut, diprogramka sosialisasi ke satuan jajaran guna lebih memantapkan pemahaman prajurit TNI AU terhadap Doktrin Swa Buana Paksa dan kali ini disosialisasikan kepada personel Lanud Pangeran M. Bun Yamin (BNY) Lampung, yang disampaikan oleh Paban II Pembinaan Doktrin Kodiklatau Kolonel Adm Edy Affandi di Gedung Arkaloka Lanud BNY, Menggala, Tulang Bawang, Senin (7/2/2022).

Dalam sambutan pengantarnya, Danlanud BNY Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T., M.Han., mengatakan “Sebagai insan TNI AU yang memiliki jiwa Airmanship para prajurit harus memahami isi dari Doktrin Swa Bhuwana Paksa guna mendukung tugas-tugas TNI AU yang semakin kompleks”.

Pada kesempatan yang sama Paban II Pembinaan Doktrin Kodiklatau Kolonel Adm Edy Affandi menyampaikan, TNI AU dalam melaksanakan peran, fungsi, dan tugasnya pada dasarnya membutuhkan doktrin, dokumen, dan petunjuk.

“Doktrin dan petunjuk tersebut memuat tentang ketentuan yang menjadi tuntutan dalam tata cara, urutan kegiatan dan prosedur dalam menjalankan suatu rangkaian kegiatan baik operasi militer maupun penggunaan kekuatan,” tegas Kolonel Adm Edy.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Perwira, perwakilan Bintara, dan Tamtama Lanud BNY dengan sasaran tercapainya pemahaman yang sama bagi satuan terkait doktrin yang akan dioperasionalkan oleh satuan pengguna di lingkungan TNI Angkatan Udara. Sosialisasi berjalan dengan diskusi dan dialog interaktif dari para anggota Lanud BNY.