DANLANTAMAL III JAKARTA : GENERASI PENERUS BANGSA HARUS TELADANI SEMANGAT JUANG DAN RELA BERKORBAN DEMI NKRI

Spread the love

Dispen Lantamal3,- Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2022, yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2022, Komandan Pangkalan Utama TNI AL III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., M.Tr.Opsla., CHRMP. hadiri Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, dengan Inspektur Upacara Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. Jum’at(14/01/2022).

Komandan Lantamal III yang didampingi Ibu Atik Umar Farouq saat dilokasi ziarah mengatakan,” Kegiatan ziarah dalam rangka Hari Dharma Samudera kali ini untuk mengenang momen bersejarah dimana telah terjadi peristiwa heroik yaitu pertempuran sengit yang terjadi di Laut Arafuru hingga mengakibatkan gugurnya Komodor Yos Sudarso dalam misi operasi dwikora pembebasan Irian Barat. Pengorbanan dan semangat perjuangannya mengembalikan Irian Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang patut kita teladani sebagai prajurit TNI dan generasi penerus bangsa,” pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa tidak hanya ditujukan kepada prajurit TNI AL, sosok Komodor Yos Sudarso mestinya juga menjadi panutan generasi muda. “Konsep perjuangan zaman terdahulu tidak bisa disamakan dengan kondisi sekarang. Perjuangan tidak hanya ditunjukkan dalam bentuk peperangan fisik melawan musuh, namun sebagai generasi penerus cita-cita bangsa, banyak cara untuk mengabdi kepada bumi pertiwi.” sambungnya.

Usai pelaksanaan upacara yang diikuti perwakilan seluruh Kotama TNI AL di Jakarta antara lain Pushidrosal, Koarmada 1, Kolinlamil, Kormar, Seskoal,Puspomal dan Lantamal III Jakarta serta para Ketua dan Pengurus Gabungan Jalasenastri masing-masing Kotama dilanjutkan melaksanakan tabur bunga di pusara para pahlawan sebagai penghormatan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *