Manuver Lapangan Latihan Antar Satuan Koopsau III “Kasuari Perkasa 2021”

Spread the love

(Penkoopsau III, Biak). Komando Operasi TNI AU (Koopsau) III menggelar kegiatan manuver lapangan latihan antar satuan dengan sandi “Kasuari Perkasa 2021” yang berlangsung di Baseops Lanud Manuhua Biak, dengan menampilkan simulasi penyelenggaraan operasi dukungan udara dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi di wilayah tanggungjawab Koopsau III. (Selasa, 24/8).

Simulasi yang ditampilkan dalam latihan tadi pagi, terlihat memuat alur cerita yang di awali dengan ledakan TNT sebagai tanda terjadi gempa yang diumpamakan terjadi di daerah Manokwari, serta situasi kepanikan masyarakat dan kesibukan tim bantuan bencana.

Kemudian dilanjutkan survey dan pemotretan udara di lokasi bencana menggunakan pesawat CN-235 MPA dari Skadron Udara 27, penerjunan tim penilai kerusakan (Assessment Team Dropping), penerjuanan heli box dan penerjunan LSC dengan low level dropping menggunakan pesawat CN-235, pergeseran tim evakuasi Paskhasau dan Basarnas dengan pesawat CN-235, simulasi pengungsian medis udara dan dilanjutkan evakuasi korban bencana menuju Lanud rujukan Silas Papare.

Panglima Koopsau III Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP. dalam keterangan persnya di depan awak media Biak usai pelaksanaan latihan menjelaskan bahwa latihan Kasuari Perkasa ini merupakan latihan antar satuan Koopsau III, untuk menguji satuan-satuan dibawahnya agar mempunyai kemampuan dalam rangka melaksanakan operasi.

“Kebetulan tahun ini latihan kita fokuskan pada bencana alam, jadi kita harapkan satuan-satuan mempunyai kemampuan untuk melaksanakan dukungan operasi dalam bencana alam dalam rangka mendukung tugas Kogabwilhan III”, tegasnya.

“Koopsau III saat ini baru memiliki satu Skadron Udara dengan alusista pesawat CN-235, sesuai ketentuan kita melatih satuan jajaran makanya kita gunakan kemampuan peswat ini dalam dukungan operasi bencana, dan tentunya untuk personel yang kita latih banyak antara lain dari Paskhasau dan stakeholder terkait seperti Basarnas, serta personel-personel yang ada di lanud seperti pasukan pertahanan pangkalan”

“Secara umum latihan sudah berjalan cukup baik, meskipun karena keterbatasan masih ada latihan yang kita pre memorikan atau kita asumsikan dan saya berharap tahun depan semua ini kita bisa laksanakan, sehingga aktual latihan itu bisa kita laksanakan semua untuk menghadapi jika sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah Koopsau III”.

Marsda TNI Bowo Budiarto berharap, dengan adanya pandemi Covid-19 yang belum berujung ini, tentunya kita berharap latihan yang kita laksanakan tetap berjalan, walaupun dalam skala yang di batasi, tetapi kita tidak boleh melupakan profesionalisme sebagai prajurit TNI Angkatan Udara, khususnya dalam melaksanakan tugas-tugas operasi militer selain perang dalam rangka mendukung pemerintah.

Turut hadir menyaksikan latihan ini antara lain Kas Koopsau III Marsma TNI Ronald L. Siregar, Danlanud Manuhua Marsma TNI Donald Kasendha, Pangkosekhanudnas IV Bonang Bayuaji Gautama, Dan Yonko 468 Paskhas Letkol Pas Hary Wijayanto, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Biak Gusti Anwar Mulyadi, serta pejabat komando latihan, Wasdal dan penilai latihan.