GANGGUAN KEAMANAN DI SELAT MALAKA DAN SELAT SINGAPURA MENURUN

Spread the love

Tanjung Pinang, 10 Maret 2021,– Situasi keamanan di Selat Malaka dan Selat Singapura mengalami penurunan yang siknifikan, demikian di sampaikan oleh Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., pada Rakor Bersama Kemenko Marves dan Launching Perdana Jasa Labuh Jangkar di Pulau Nipah, Kabil, Tanjung Berakit, Batuampar dan Tanjung Balai Karimun”.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Wan Seri Beni Pemprov Kepri dilaksanakan, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., menyampaikan terkait keamanan Selat Malaka dan Singapura, berdasarkan pemantauan RECAP, IMB dan IFC Singapura telah terjadi penurunan aktivitas gangguan keamanan laut terhadap kapal-kapal yang melintas di Selat Malaka dan Singapura. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya Guskamla Koarmada I untuk terus melaksanakan penegakkan hukum maupun pendekatan sosial terhadap sejumlah desa yang berada sepanjang Selat Malaka yang berpotensi terjadi gangguan keamanan terhadap kapal-kapal yang melintas.

Upaya yang dilaksanakan selain melaksanakan operasi keamanan laut secara rutin, juga dengan pendekatan sosial kepada masyarakat. Pendekatan kepada masyarakat ini merupakan tindak lanjut instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dan perintah Pangkoarmada I Laksda TNI A. Rasyid K., S.E., M.M.