BRGM Siap Bersinergi Untuk Meningkatkan Restorasi Gambut Mangrove

Spread the love

Badan Restorasi Gambut Mangrove (BRGM) menggelar acara serah terima jabatan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dari Ir. Nazir Foead, M.Sc. kepada Ir. Hartono, M. Sc. di Gedung Bidakara Jakarta, Selasa (29/12/20).

Ir. Hartono M.Sc. dilantik Presiden Joko Widodo bersama-sama dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen. Pol. Petrus R. Golose di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/12), setelah pelantikan Menteri dan Wakil Menteri.

Pelantikan Hartono sebagai Kepala BRGM sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 78/M Tahun 2020 tentang Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. Hartono sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Badan Restorasi Gambut (BRG) dan juga Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan BRGM.

Sebelum berkarir di BRGM, Hartono mengawali karirnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Kehutanan yang sekarang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Jabatan terakhir Hartono di KLHK adalah Direktur Kawasan Konservasi pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), KLHK. Hartono juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE dan Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo di Jawa Timur.

Hartono dalam sambutannya mengatakan
BRGM dibentuk tahun 2016 dengan tujuan gambut yang tergradasi bisa kita pulihkan. BRGM berbentuk non struktural. Restorasi gambut tidak gampang. Banyak aspek yang dipertimbangkan. Gambut dan mangrove juga menjadi bagian dari ekosistem yang sangat perlu dilindungi.

Hartono menambahkan mengenai tugas barunya, ia menyatakan bahwa BRGM siap bersinergi dengan kementerian terkait dan Pemda serta para pihak lain. Utamanya masyarakat yang selama ini sudah menunjukkan kesadaran yang makin baik.

Dalam tugas baru BRGM ini, upaya percepatan dilakukan pada 1,2 juta hektare ekosistem gambut dan 600 ribu mangrove. Selain pada tujuh provinsi yang sudah jadi target restorasi gambut, BRGM juga akan bekerja pada 6 provinsi baru, khususnya untuk mangrove. Enam provinsi tersebut yaitu Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Papua Barat.

Sementara itu, Kepala BRG 2016-2020 Nazir Foead menyampaikan selamat atas pelantikan Hartono. Dia percaya pengalaman Hartono bisa bermanfaat bagi kerja-kerja BRG. “Saya percaya Pak Hartono sudah sangat berpengalaman mengurus lembaga ini karena kami sama-sama merintis BRG dari awal. Mari kita dukung kerja BRGM ke depan,” kata Nazir.