Jakarta, Forum Deklarator Taman Wisata Dunia (FD-TWD) menyampaikan surat usulan Brand Nation kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara resmi pada hari ini (Rabu, 20/5) di Gedung Kemenparekaf.
Surat usulan dengan nomor 045A/Brand Nation/FD-TWD/V/2020 tersebut berisi tentang usulan dari para deklarator untuk menjadikan nama Indonesia sebagai Brand Nation dengan slogan “Indonesia, The World Park”
“Usulan tersebut sangatlah strategis terkait upaya para deklarator untuk memberikan masukan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar Brand Nation yang saat ini sedang dikaji oleh Tim Kemenparekaf agar bisa selaras dengan positioning yang telah dideklarasikan oleh para deklarator yang sudah diselenggarakan pada 9 Oktober 2018 pukul 14.30 WITA di Lapangan Puputan Margarana Renon, Bali,” jelas Koordinator FD-TWD Daniel Kumendong.
Dia menjelaskan perwakilan kepala daerah baik provinsi, kabupaten, kota serta para kepala Dinas Pariwisata dan kepala Bappeda seluruh Indonesia telah memelopori penyelenggaraan Deklarasi Taman Wisata Dunia pada 9 0ktober 2018 di Bali.
“Dengan dukungan Menteri Dalam Negeri mereka telah memelopori deklarasi taman wisata dunia guna menyampaikan usulannya secara terbuka kepada Presiden Joko Widodo terkait Core Ekonomi Indonesia. Agar sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat di daerah dalam upaya membangun perekonomian Indonesia yang sesuai dengan keunggulan yang dimiliki dari masing-masing daerah,” papar Daniel Kumendong.
Di tempat berbeda, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin memberikan apresiasi dan dukungannya atas segala perjuangan yang dilakukan para deklarator dalam upaya membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Agar mampu berkompetisi dengan negara-negara lain di dunia.
“Diusulkannya nama Indonesia sebagai Brand Nation merupakan langkah cerdas dan strategis agar nama negara kita ini bisa dikenal oleh seluruh masyarakat dunia. Apalagi dengan tagline The World Park justru akan memperkuat eksistensi Indonesia di mata dunia sebagai pusatnya pariwisata dunia,” ujarnya.
Bersamaan dengan penyerahan surat tersebut, FD-TWD dan WTP Foundation rencananya akan menggalang dukungan seluruh komponen bangsa dengan menggulirkan Kampanye Taman Wisata Dunia melalui pendistribusian t-shirt kampanye “Indonesia, The World Park” ke seluruh daerah sebagai tanda dukungan terkait usulan Brand Nation oleh para deklarator.
“Rencananya kita akan launching t-shirt kampanye tersebut pada 1 Juni 2020 dan kita akan distribusikan ke seluruh Indonesia melalui Aksi Penggalangan Donasi Yayasan Taman Wisata Dunia,” jelas Daniel Kumendong yang juga Founder & CEO Yayasan Taman Wisata Dunia, World Tourism Park.
Mewakili para deklarator, Bupati Tapanuli Utara Nikson H. Nababan sangat mengharapkan adanya sinkronisasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam upaya membangun “Visi Indonesia Maju” secara bergotong royong.
“Kami sangat mengharapkan dengan diwujudkannya Brand Nation tersebut akan terbangun kristalisasi dan sinkronisasi antara visi yang telah digulirkan oleh pemerintah pusat dengan misi yang akan dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah baik itu provinsi, kabupaten, kota dalam upaya menentukan Core Ekonomi Indonesia yang tepat guna dan tepat sasaran. Sehingga ke depan kita akan mampu bergerak secara bersama-sama guna berkompetisi dengan negara-negara lainnya di dunia,” ujarnya penuh optimis.
Dengan diusulkannya Brand Nation tersebut tentunya akan mempermudah pihak Kemenparef untuk menentukan desain logo branding Indonesia agar bisa segera diluncurkan pada bulan Agustus nanti. Sehingga dapat digunakan oleh berbagai kalangan dalam upaya mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia.