MENJADI PEMUDA YANG HANDAL, 200 PELAJAR SMA IKUTI KOMSOS

Spread the love

Galang, 27 Agustus 2019,– Sebanyak 200 orang pelajar SMA Negeri 10 Cijantung mengikuti kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang digelar di Aula SMA Negeri 10, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, Kepri, Senin (26/8).

Kegiatan ini digelar dalam rangka kegiatan non fisik Operasi Teritorial (Opster) TNI Galang 01 TA 2019 dengan sasarannya para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana sebelumnya dilaksanakan kegiatan yang sama oleh SMA Negeri 15 Nongsa Batam bulan yang lalu.

Pada kegiatan Komsos di SMA Negeri 10 diberikan beberapa materi yaitu tentang penyuluhan kesehatan disampaikan oleh Letda Laut (K/W) Dr. Destridari dari Balai Kesehatan Lanal Batam, penyuluhan hukum oleh Mayor Laut (KH) Krisno Hadi Susanto, S.H., dari Diskum Lantamal IV. Selanjutnya materi tentang mengatasi berita hoax oleh Wakasat Reskrim Polres Barelang AKP Hari Pramono, S.H., S.Ik., dan materi bela negara yang disampaikan oleh Letkol (KH) Harazi, S.Ag., M.M., dari Spotmar Lantamal IV.

Acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan Dansatgas Non Fisik Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto yang disampaikan oleh Pabanren Puanpotmar Spotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Drs. Heri Samudra, pemberian bahan kontak berupa peralatan olahraga, penyampain materi dan ditutup dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Dalam sambutannya, Dansatgas Non Fisik yang disampaikan secara lisan oleh Letkol (KH) Drs. Heri Samudra mengatakan bahwa perkembangan zaman semakin berat, untuk itu sebagai generasi muda harus kuat dan semangat sehingga kita tidak tergilas oleh zaman.

“Gantungkan cita-citamu setinggi-tingginya, serta selalu menghormati orang tua sehingga harapan untuk menjadi pemimpin dimasa depan dapat terwujud. Sebagai pemuda harapan bangsa, kita harus handal dalam menjaga dan membangun Negara dengan ketulusan hati serta tekad yang kuat demi tegaknya NKRI,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala SMA Negeri 10 Ibu Heny usai acara Komsos berharap kepada siswa agar manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena tidak semua memiliki kesempatan untuk dapat mengikuti kegiatan seperti ini.

“Jadikan kegiatan ini sebagai bekal buat kalian secara pribadi dan sebarkan ilmu yang diperoleh kepada teman-teman dan keluarga,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Komsos ini, Tim Satgas Non Fisik menyerahkan bantuan kepada sekolah berupa peralatan olahraga yaitu 1 set meja tenis dan sepasang bet berikut bolanya, 1 set net, 1 buah bola volley serta 1 set net, dan 2 buah bola sepak takraw.