SAHARA : Warung Tradisional Berkembang Pesat

Spread the love

Jakarta, Sebanyak 1.000 agen sembako ini semuanya kaum ibu-ibu rumah tangga yang merupakan binaan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) dalam wadah bernama Sahabat Usaha Rakyat (Sahara).

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Jakarta Pusat bekerjasama dengan beberapa pihak, yakni Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA), Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi) dan BNI memberikan bantuan permodalan kepada 1.100 warung di wilayah JakPus dimana juga pengelolaannya melalui digitalisasi. Diharapkan, usaha warung tradisional akan lebih berkembang pesat.

Walikota Jakpus, Irwandi mengatakan, saat ini toko swalayan yang dikelola swasta memang sangat mudah ditemukan di Jakarta. Kondisi itu kini menjadi ancaman langsung untuk pedagang warung-warung tetangga yang berdiri mandiri oleh warga. Makanya Pemerintah harus lebih peduli memberikan perhatian kepada warung-warung tetangga agar terus bertahan, ungkapnya di Gelanggang Olah Raga Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/19).

CEO SAHARA Ir Sharmila Msi mengatakan, Sahara membantu para ibu-ibu dalam hal pembelian bersama sembako, penjualan bersama, dan pembiayaan bersama. Inkowapi berharap semua pemilik warung tradisional yang menjadi binaan Sahara dapat mengelola warungnya dengan manajemen yang baik dan usahanya bisa meningkat.

Ada tiga hal yang menjadi perhatian Sahara yakni, pendidikan usaha, permodalan, dan sistem teknologi informasi (IT System). “Saat ini orang bisa berbelanja ke warung-warung binaan Sahara melalui aplikasi di smartphone android bernama Sembako Sahara. Jadi, pembeli dan agen pemilik warung bisa bertransaksi pembelian-penjualan sembako langsung di aplikasi tersebut,” jelas Sharmila.(hrt)