NTB perkuat kerja sama dengan Australia

Spread the love

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Pemerintah Australia membuka peluang serta memperkuat kerja sama di sejumlah bidang.

“Ini untungnya kita bersahabat dan sering bertemu. Sehingga kerja sama antara NTB dengan Australia ini harus diperkuat,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah pada acara bertajuk “Tourism Island Forum” di Kota Mataram, Senin.

Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB menilai kerja sama antara NTB dan Australia sangat penting. Mengingat jarak NTB dan Australia begitu dekat. Terlebih pada bulan Juni 2019 akan ada penerbangan langsung atau “direct flight” dari Australia ke Lombok. Karena dengan direct flight itu, para wisatawan dari Australia akan mudah menjangkau setiap pelosok daerah di NTB.

“Kalau kita tidak bekerja sama nanti sepi-sepi aja kurang hangat dan kurang akrab,” ujarnya.

Gubernur menjelaskan, ada tiga fokus program yang dapat dijadikan peluang kerja sama dengan Australia. Pertama, terkait pariwisata, yang saat ini menjadi salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak sekali orang Australia yang ini mengunjungi kita di Lombok. Apalagi dengan adanya penerbangan langsung mempermudah mereka menjangkau daerah yang kita cintai ini,” ucap Zulkieflimansyah.

Selain pariwisata, bidang lain yang diperkuat untuk kerja sama adalah bisnis dan ekonomi. Doktor Zul menjelaskan, kerja sama dengan negara lain, tidak hanya menyangkut para wisatawan. Namun, juga menyangkut investasi dan bisnis serta ekonomi.