Bukalapak – Bank Sumut kerja sama layanan pembayaran PBB

Spread the love

Bank Sumut – Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Binjai bekerja sama dalam layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online melalui aplikasi Bukalapak. “Nota kerja sama sudah ditandatangani.Akses pembayaran dijadwalkan sudah bisa dimulai awal Mei 2019,” ujar Co-Founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid di Medan, Rabu.

Nota kerja sama dilakukan Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, TM Jeffri, Wali Kota Binjai, HM Idaham, dan Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi Bank Indonesia, Andiwiana.

Kerja sama strategis itu merupakan bagian dari inovasi Bukalapak untuk mendorong terciptanya e-government bersama pemerintah daerah.

Menurut Fajrin Rasyid, berdasarkan data Bank Sumut, selaku Bank penerimaan kas daerah, dana PBB yang belum dibayar masyarakat setiap tahunnya mencapai ratusan miliar Rupiah.

Adanya kerja sama pembayaran PBB secara online melalui aplikasi Bukalapak diharapkan dapat membantu memaksimalkan pendapatan daerah melalui dana pajak sehingga mendorong optimalisasi pembangunan daerah.

Kepala cabang Bank Sumut di Binjai, Budi Anshari Nasution, menyebutkan, ada beberapa kendala bagi masyarakat Sumut untuk membayar PBB.

Dia memberi contoh, pemilik properti di Sumut banyak yang berdomisili di kota lain sehingga sulit melakukan proses administrasi secara langsung.

Atau akibat kesibukan pekerjaan sehari-hari yang mengakibatkan kealpaan membayar PBB.

“Dengan ada program pembayaran PBB secara online, masyarakat bisa lebih mudah membayar pajak,” ujar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *